Beranda | Artikel
Bekal Indah untuk Ramadhan Berkah - Bagian ke-4: Bersabar, Inilah Caranya! (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)
Rabu, 1 Juli 2015

Bersama Pemateri :
Ustadz Ahmad Zainuddin

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.

[sc:status-tematik-ustadz-ahmad-zainuddin-2014]

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Bekal Indah untuk Ramadhan Berkah (Bagian ke-4)

Ada sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan hadits ini berasal dari seorang A’rabi, sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam juga dari hadits ‘Abdullah bin ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, bahwa Rasululah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

صَوْمُ شَهْرِ الصَّبْرِ وَثَلَاثَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ يُذْهِبْنَ وَحَرَ الصَّدْرِ

“Berpuasa di bulan Ramadhan, bulan kesabaran, dan berpuasa 3 hari di setiap bulan ini fungsinya akan menghilangkan amarah yang ada di dalam dada.”

Dari sini, kita angkat tema pada kesempatan kali ini yaitu “Bersabar, Inilah Caranya!

Tentunya, bersabar disebutkan oleh para ulama, di antaranya Al-Jurjani di dalam kitabnya, Ash-Shihhah, sebuah kamus bahasa Arab, bersabar adalah “حبس النفس عن الجزع“, yaitu menahan diri dari menggerutu / bersikap tidak pantas”. Ini adalah sabar secara bahasa.

Adapun sabar, kalau kita lihat dari istilah yang dipakai dan disebutkan oleh para ulama Islam, di antaranya disebutkan oleh Muhammad bin Abi Bakr, atau yang lebih dikenal dengan Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah, beliau mempunyai kitab ‘Iddatu Ash-Shabirin, kitab yang sangat agung tentang sabar. Beliau menyebutkan:

(الصبر) هو خلق فاضل من أخلاق النفس يمتنع به من فعل ما لا يحسن ولا يجمل، وهو قوة من قوى النفس التي بها صلاح شأنها وقوام أمرها

Kesabaran adalah suatu perkara yang utama untuk dapat kita amalkan, terutama kita pelajari dan latih kembali sedari kita berpuasa di bulan Ramadhan ini. Simak dan download ceramah “Bersabar, Inilah Caranya!” dari seri kajian “Bekal Indah untuk Ramadhan Berkah” oleh Ustadz Ahmad Zainuddin.

Download Ceramah Agama: Ustadz Ahmad Zainuddin – Bekal Indah untuk Ramadhan Berkah (Bagian ke-4: Bersabar, Inilah Caranya!)

Berbagi manfaat di bulan penuh berkah, dengan turut membagikan ceramah agama ini ke Facebook, Twitter, dan Google+!


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/14712-bekal-indah-untuk-ramadhan-berkah-bagian-ke-4-bersabar-inilah-caranya-ustadz-ahmad-zainuddin-lc/